Minggu, 24 Mei 2009

Teknik Throw In


Jangan anggap mudah melakukan throw in. Dan menganggap throw in remeh, karena sulit untuk menjadi sebuah peluang yang matang ataupun sebuah gol. Tapi pasti anda juga sudah tahu, banyak sekali gol yang terjadi karena sebuah assist dari throw in tersebut. Lemparan kedalam (throw-in) kelihatannya memang sederhana. Namun, setiap pemain harus memahami beberapa hal penting tentang lemparan kedalam, seperti cara melempar yang baik dan benar, kepada siapa kita harus memberikan bola, dan yang paling penting adalah kita harus mengetahui aturan dalam melakukan throw in. Berikut ini adaalah peraturan dalam melakukan throw in:
1. Pemain harus melemparkan bola dengan kedua tangan.
2. Posisi bola sebelum dilempar berada dibelakang kepala dan dilepas melewati atas kepala.
3. Arah lemparan harus sama dengan kemana kita menghadap.
4. Kedua atau salah satu kaki tidak boleh diangkat atau melakukan lompatan pada saat melakukan lemparan.

Oleh karena itu perlu beberapa teknik untuk melakukan lemparan kedalam dengan baik dan benar serta dapat dimanfaatkan oleh rekan satu tim anda untu dikonfersikan menjadi sebuah peluang bahkan menjadi sebuah gol.

Pertama, sebelum melakukan lemparan pikirkan terlebih dahulu dengan cepat kepada siapa atau kemana anda akan memberikan bola, jangan tergesa - gesa untu segera melakukan lemparan, tidak tergesa - gesa bukan berarti lambat, tetapi kita tidak boleh gegabah dalam melakukan lemparan. Bila kebetulan tim anda sedang unggul anda juga dapat mendelay pertandingan sambil berkonsentrasi dan menunggu teman anda bersiap. Anda juga dapat mengelap bola bila keadaan bola licin karena keadaan bola yang licin dapat mempengaruhi akuransi dan kekuatan lemparan anda.

Kedua, karena lemparan kedalam harus dilakukan dengan kedua tangan sementara kedua kaki harus tetap menginjak tanah. Sehingga, jika anda ingin melempar dengan keras Anda bisa berlari terlebih dahulu dan menyeret kaki kanan atau kiri anda. Hal ini dapat menambah kekuatan lemparan lemparan anda. Selain itu tentu saja lemparan anda harus sulit dijangkau oleh lawan terutama dengan heading, untuk itu anda dapat melemparkan bola tersebut agar menimbulkan efek menukik, caranya seperti melakukan shooting pada permainan basket. Dengan begitu bola akan melintas jauh di atas lewan anda dan saat sampai pada teman anda bola sudah berkurang ketinggianya, sehingga mudah untuk dikuasai dan lawan yang menghadang di depan teman anda dapat terlewati, yang terpenting adalah usahakan agar bola mudah untuk diterima atau dikontrol. Selain memberikan umpan tepat kepada teman anda, anda juga dapat memanfaatkan lemparan jauh ini untuk memberikan umpan seperti umpan crossing. Tentu saja posisi melempar harus dekat dengan gawang, dan lemparan ini memerlukan teknik tinggi, karena tidak banyak pemain profesional yang dapat melakukan throw in seakurat atau sekuat umpan crossing.

Ketiga, jika anda ingin memberikan bola pada rekan anda yang posisinya dekat dengan anda, cukup melempar dengan pelan, tetepi jangan terlalu pelan, usahakan tepat di dada, paha, atau kakinya sehingga mudah di kuasai. Dan biasanya, saat lteman anda menerima lemparan ini, dia akan mengembalikan bola kepada si pelempar, jadi bersiaplah untuk menerima umpan dari teman anda, jangan hanya menunggu di luar garis, segeralah masuk kedalam lapangan setelah melakukan lemparan ini.

Keempat, throw in seperti passing, Anda tidak harus selalu melempar bola tepat ke arah teman. Anda juga bisa melakukan unpan trobosan dengan melempar bola ke ruang kosong yang mudah bagi teman Anda untuk menjangkaunya dengan berlari. Karena pada saat throw in peraturan off side tidak berlaku, maka anda bebas melemparkan kemana saja bola tersebut dan tidak perlu khawatir teman anda akan terjebak off side seperti pada saat kita melakukan umpan trobosan biasa, asalkan bola mudah dan dapt dijangkau oleh teman anda.

Tips untuk throw in adalah, segeralah melakukan lemparan pada saat lawan anda belum berkonsentrasi, tetapi anda tidak boleh tergesa - gesa, dan teman yang anda beri bola harus siap untuk memanfaatkan umpan dari anda, hal ini sangat penting terutama pada saat tim anda sedang tertinggal dan harus segera mencetak gol, selain itu anda juga dapat menghemat waktu beberapa detik, karena setiap detik dalam pertandingan sepak bola sangatlah berarti.

0 komentar: